Potensi Daerah Jawa Tengah

http://navperencanaan.com/appe/peta/logothumbnail/10?width=&height=&proportional=&filename=Jawa+Tengah+-+Peta+Administrasi-10.jpg 

Kekayaan Sumber Daya Alam


Provinsi Jawa Tengah memiliki sumber daya alam yang berbagai jenis dengan jumlah yang masih banyak. Sumber daya alam ini berasal dari hasil pertanian, perikanan, peternakan, maupun kehutanannya.
Beberapa komoditi unggulan dari sektor pertanian dan perkebunan di Jawa Tengah adalah :
  • Budidaya Krisan wilayah Sampan 
  • Budidaya Rumput Laut dan Ikan Bandeng Wilayah Sampan 
  • Budidaya Rumput Laut dan Ikan Bandeng Wilayah Sampan  
  • Budidaya Rumput Laut Kabupaten Jepara 
  • Optimalisasi Potensi Rawa Bendungan Kabupaten Cilacap 
  • Pusat peternakan dan Penggemukan Kabupaten Grobogan 
  • Peternakan Kambing Karangcupung Terpadu di Kabupaten Cilacap 
  • Pembangunan Peternakan Kabupaten Banjarnegara Regency 
  • Perkebunan Kayu Albasia dan Pengolahannya Kabupaten Banjarnegara 
  • Peternakan Kambing Etawah di Banjarnegara Regency


Infrastruktur yang Memadai


Pembangunan infrastruktur di Provinsi Jawa Tengah sudah memadai, hal ini dapat dilihat dari potensi infrastruktur posisi Jawa Tengah ada pada urutan keempat setelah DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bahkan terus melakukan percepatan pembangunan Jawa Tengah dengan salah satu fokus utamanya pada pembangunan infrastruktur.

Penyediaan infrastruktur khususnya jalan memang mempunyai korelasi positif terhadap perekonomian Jawa Tengah secara keseluruhan. Pembangunan infrastruktur jalan provinsi dan kabupaten akan menjadi pendorong yang signifikan dalam meningkatkan aktivitas ekonomi dan pendapatan masyarakat.


Industri yang Beragam


Sektor industri merupakan penyumbang perekonomian tertinggi di Jawa Tengah sehingga daerah yang unggul pada sektor ini lebih maju ketimbang daerah lain.


Pengembangan Ekonomi Kreatif


Pengembangan komoditi unggulan UMKM di Provinsi Jawa Tengah juga menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Pada dasarnya terbagi ke dalam 3 sektor utama yakni industri, pertanian, dan pariwisata. Pengembangan komoditi unggulan ini umumnya berbasis klaster.


Natural & Historical City


Jawa Tengah juga banyak terdapat obyek wisata yang sangat menarik baik wisata alam maupun wisata budaya.Salah satu dari tujuh keajaiban dunia terletak di Provinsi Jawa Tengah ini yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah obyek wisata tunggal.
Tidak hanya pariwisata budaya, di Provinsi Jawa Tengah juga terdapat wisata alam yang sangat menarik seperti Kepulauan Karimunjawa. Kepulauan Karimunjawa terletak pada 05’40’-05’57’ LS dan 110’40’ BT secara geografis terletak di Laut Jawa, arah barat laut dari Jepara. Luas wilayah teritorial Karimunjawa 107.225 ha sebagian besar berupa lautan (100.105 ha) dengan luas daratan 7.120 ha yang terdiri atas gugusan pulau berjumlah 27 pulau besar dan kecil. Selain itu, Provinsi Jawa Tengah juga memiliki Perbukitan Dieng. Dieng terletak di lahan situs purbakala seluas 36 Ha, kawasan ini dikelilingi perbukitan. Sebelah timur Bukit Setinggi dan Sikendeng, sebelah barat bukit Ngrecogede, sebelah selatan bukit pangonan dan sebalah utara bukit punthuksari.

fauzi maarif Label: 6:51:00 PM 0 komentar
Back to Top